Belajar Bahasa Korea : Menulis Abjad Korea

Dalam penulisan huruf abjad korea tidaklah berbeda jauh dengan menuliskan huruf abjad biasa, tinggal menggabungkan huruf huruf itu sendiri. Hanya ada sedikit berbeda dalam penggabungannya yakni penulisan konsonan akhir. Perbedaanya, kalau kita menuliskan abjad biasa, konsonan akhir di tulis sejajar dengan huruf sebelumnya. Sedangkan penempatan konsonan akhir pada huruf korea di tulis di bawah yang di sebut badchim ( 받침 ).
Contoh :
  • Jam ==> Konsonan akhir pada kata jam adalah ” m ” dan di tulis sejajar dengan kata sebelumnya
  • 잠 ==> Konsonan akhir adalah ” ㅁ ” ( m ), penempatan konsonan akhir ” ㅁ ” ( m ) ini di tulis di bawah
Contoh lain :
  • Ban ==> konsonan akhir berupa huruf ” n ” penempatan sejajar dengan huruf ” Ba “
  • 반 ==> konsonan akhir huruf ” ㄴ ” ( n ), penulisan konsonan akhir di bawah pada huruf sebelumnya.
Untuk memulai penulisan huruf abjad korea tentu saja harus sudah hafal dan mengerti huruf abjad korea ( hangeul==> 한글 ).Yang perlu di perhatikan dalam penulisan atau penggabungan huruf abjad korea adalah vokalnya.Kita lihat pada vokal vokal huruf korea ini ==> 오 , 아 , 어, 이, 우, 으, 애, Kalau kita amati, setiap huruf vokal tersebut terdapat lambang ” ㅇ “  dan lambang ini nantinya lah sebagai tempat penggabungan antara huruf konsonan dan vokal itu sendiri. Dalam penggabungannya, Lambang ” ㅇ “  tinggal di gantikan dengan huruf konsonan.
Contoh :
  • Bila kita ingin menuliskan kata ” GO ” ==> kata GO terdiri dari 2 huruf yakni ” G ” dan “O” ,dalam abjad korea terdiri dari konsonan ” ㄱ ” dan vokal ” 오 “. Penggabungannya, ” ㄱ ” menggantikan posisi ” ㅇ ” pada huruf vokal ” 오 “, sehingga posisi ” ㄱ “  terletak di atas ” ㅗ “  dan terbentuk kata ” go==> 고 “ ( ㄱ + 오 ==> 고 )
  • Kita ingin menuliskan kata ” SAMA ” ==> Kata SAMA terdiri dari 4 huruf yang di antaranya ” S “, ” A ” , ” M ” , ” A ” dalam abjad korea ” “ㅅ” ,” 아 “, “ㅁ”,” 아” Penggabungannya ==> ” ㅅ ” menggantikan posisi ” ㅇ “  dan  begitu pula dengan ” ㅁ “,juga menggantikan posisi ” ㅇ “  pada urutan huruf selanjutnya. ( ㅅ + 아 => 사 ), ( ㅁ+아 =>마 )==> ㅅ + 아 + ㅁ + 아 ===> 사마
Contoh penulisan berbentuk konsonan akhir :
  • Kita ingin menuliskan kata ” SUP ” ==> Kata ” SUP ” terdiri dari 3 huruf  S, U, dan P. Dalam huruf abjad korea terdiri dari huruf  ” ㅅ , 우,  dan ㅍ “,  penggabungannya sama dengan di atas, hanya saja  penempatan konsonan akhir ” ㅍ ” (  p ) di tulis di bawah. ==> ” ㅅ ” menggantikan posisi ” ㅇ “  pada vokal ” 우 ” dan “ㅍ ” di tulis di bawahnya, ( ㅅ + 우 => 수, + ㅍ ==> 숲 )
  • Kita ingin menuliskan kata ” JIN ” ==> kata JIN  terdiri dari huruf ” J, I, dan N ” pada huruf abjad korea terdiri dari huruf ” ㅈ, 이  dan  ㄴ “, penggabungannya ==> “ㅈ”  menggantikan posisi “ㅇ”  pada vokal ” 이 ” dan konsonan ” ㄴ “  di tulis di bawahnya, ( ㅈ + 이 => 지, + ㄴ ==> 진 )
  • Kita ingin menuliskan kata ” CINTA ” ==> Kata CINTA terdiri dari huruf ” C, I, N, T, dan A ” pada huruf abjad korea terdiri dari huruf ” ㅉ, 이, ㄴ, ㄸ,  dan  아 ” , penggabungannya ==> “ㅉ” menggantikan posisi “ㅇ” pada vokal “이” dan  “ㄴ”  di tulis di bawahnya, terus menyusul  huruf berikutnya ” ㄸ “  menggantikan posisi “ㅇ”  pada vokal “아 “, ( ㅉ + 이 => 찌 + ㄴ => 찐 ) + ( ㄸ + 아 => 따 ) ==> ( 찐 + 따 ==> 찐따 ) Karena di sini huruf  ” ㅉ “  merupakan gabungan huruf konsonan “  ㅈ ” dan  berposisi pada awal kata,maka untuk penulisan kata CINTA  (  찐따 )  bisa di ganti dengan JINTA ( 진따 )  dengan alasan : pembacaan huruf ” ㅈ ” ( J ) pada awal kata di baca ” ㅉ” (  C ) dengan kata lain kata ” 진따 ” pembacaanya ” Cinta ” bukan JINTA.
Untuk penulisan kata kata yang lain, penggabungannya sama seperti penjabaran di atas. Penekanan pada penulisan huruf abjad korea terletak pada konsonan akhir atau yang lebih sering di sebut badchim ( 받침 ). Pada konsonan akhir di tulis di bawah. Inilah yang membedakan antara penulisan huruf abjad korea dengan penulisan huruf abjad biasanya, sedangkan lainnya sama persis dengan cara penulisan huruf abjad biasa.

Url : http://ghost-share.blogspot.com/2011/05/belajar-bahasa-korea-menulis-abjad-korea.html
Respond : 1
Share :

1 komentar:

  1. Hal ini sangat sering; Anda jatuh cinta dengan seseorang dan ingin mereka memperhatikan Anda ... atau Anda sedang mengalami "perpisahan" yang sulit dan ingin dia kembali ... atau Anda kesepian dan mencari seseorang yang spesial atau kata dokter Anda bisa tidak Hamil dan Anda ingin hamil atau sedang mencari anak kembar. Itu semua tergantung pada apa yang Anda inginkan. Jika Anda kesepian dan ingin menemukan cinta baru, ada mantra untuk Anda. hubungi saja Dr. Jasper di Gmail, dia yang terbaik: doctorjaspermagic@gmail.com, atau hubungi dia di WhatsApp: +2349150316084

    BalasHapus

Copyright © · Invisible Ghosts ~ Template by Admin