Bagaimana Memilih Layanan Hosting yang Baik

 Memilih penyedia jasa layanan hosting memang bukanlah sebuah keputusan yang sepele. Sekali anda terikat dengan salah satu penyedia hosting, akan sulit memindahkan data-data bisnis anda bila ternyata anda telah salah memilih perusahaan penyedia jasa layanan tersebut. Seandainya penyedia layanan hosting anda tersebut kurang berkualitas, misalnya dengan tingginya downtime ataupun layanan yang buruk, akan secara langsung ataupun tak langsung mempengaruhi kinerja dan citra usaha nda.
Menjadi hal yang sangat penting untuk menemukan jasa layanan hosting yang berkualitas terbaik pada saat pertama kali mempercayakan data-data online anda. Sebanyak mungkin anda harus tahu tentang perusahaan hosting yang bakal melayani anda sebelum menentukan sebuah keputusan.
Ketika anda menilai sebuah layanan hosting, anda wajib mempertimbangkan biaya. Namun biaya jelas bukan satu-satunya faktor yang penting, anda juga harus mempertimbangkan :
Kecepatan dan kehandalan dari server serta hardware yang ada,jenis layanan yang disediakan dan sesuai dengan kebutuhan anda,kualitas dari layanan pendukung.Berikut ulasan dari masing-masing faktor :1. Kecepatan dan kehandalan dari server serta hardware yang ada Kecepatan dan kehandalan dari server host akan tergantung pada beberapa faktor, termasuk kualitas koneksi ke internet, bandwidht, dan adanya sistem backup jika ada suatu kesalahan. Dibawah ini beberapa poin yang harus anda perhatikan dalam menilai server dan hardware hosting anda :
Koneksi T3/DS3 (atau yang lebih baik), dekat ke backbone internet primer.
Sebuah koneksi T3/DS3 (44,736 Mbps) mempunyai rata-rata kecepatan 30 kali lebih dari koneksi T1. Koneksi T1 banyak dioperasikan oleh penyedia hosting yang biasanya berkantor di “garasi” dan menjual jasanya dengan harga murah, namun hati-hati anda akan dapat kualitas yang sama rendah dengan harganya. Lakukan setidaknya traceroute untuk melihat latency dan hop yang ditempuh.
Pengelolaan Bandwidth yang efektif
Selain mempunyai koneksi yang cepat ke internet, perusahaan hosting harus mampu untuk mengelola bandwidth yang dimiliki. Sebagai panduan sebaiknya bandwidth yang terpakai tidak melebihi 50% yang disediakan.Sistem Back-up Jika terjadi kesalahan pada sistem, jaringan atau power, semestinya anda tidak akan menemukan kesulitan meng-akses data ataupun situs web anda dalam jangka waktu lama. Untuk itu perusahaan hosting yang baik harus mempunyai sistem back-up untuk mengantisipasi kejadian ini. Anda mesti yakin dengan penyediaan data daily back-up, cadangan suplai power, redundansi koneksi dan garansi uptime.
Jenis layanan yang disediakan dan sesuai dengan kebutuhan anda.
Selain memeriksa kehandalan server dan hardware, anda juga wajib menilai dan membandingkan fitur dan layanan yang disediakan perusahaan hosting. Paket dan Jenis Layanan yang disediakan. Sesuaikan layanan yang ada dengan kebutuhan bisnis anda. Jangan samapi anda harus mengambil paket yang mahal jika tidak efisien pemakaiannya. Pertimbangkan apakah harus mengambil virtual/shared server atau anda mesti mempunyai dedicated server bila memang data traffic anda tinggi dan membutuhkan keamanan lebih dan kustomisasi software.
Kompatibel dengan software dan ketrampilan yang ada.
Apakah fitur software yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anda ? Sebaiknya pilih layanan hosting yang mudah/user friendly bagi anda untuk mengelolanya.Fleksibilitas dan Kapasitas Besar.Mungkin saat ini anda belum membutuhkan solusi database, namun dimasa mendatang ada kemungkinan anda harus memperbesar kapasitas atau pindah ke paket yang lebih tinggi. Pastikan anda tidak akan kesulitan bila anda harus melakukan up-grading hosting anda.
Kualitas dari layanan pendukung.
Last but not least, anda juga harus tahu tentang komitmen perusahaan hosting tersebut dengan kepuasan layanan kliennya. Kebanyakan perusahaan hosting menyediakan layanan pendukung 24 jam 7 hari sepekan. Namun lebih baik bila anda mendapatkan informasi dari klien mereka selama ini.Daftar klien yang ada.Anda bisa lihat daftar klien yang ada di situs web perusahaan hosting tersebut, ataupun bila tidak dicantumkan anda dapat meminta mereka memberikan satu-dua klien terbesar mereka. Dengan demikian anda mendapatkan gambaran dengan adanya klien yang mempunyai bisnis yang kokoh, perusahaan hosting tersebut memang berkualitas dan layak mendapatkan kepercayaan dari klien besar.Opini dari klien yang ada.Jangan terkecoh dengan perusahaan hosting yang populer , karena yang populer belum tentu yang terbaik—bisa jadi mereka sebatas mempunyai anggaran yang besar untuk iklan. Sempatkan sejenak menghubungi salah satu klien hosting dan tanyakan informasi tentang kualitas layanan perusahaan hosting itu.
Kestabilan
Biasanya perusahaan yang telah lama berkecimpung dibidangnya dan stabil dengan kualitas layanannya pantas untuk anda percaya.
Dukungan dan Kecepatan Respon
Cobalah tanyakan beberapa pertanyaan teknis ke staff pendukung yang ada untuk antisipasi seandainya anda berlangganan hosting ditempat mereka. Pantaulah seberapa cepat dan efisien mereka merespon pertanyaan anda.

Url : http://ghost-share.blogspot.com/2011/05/bagaimana-memilih-layanan-hosting-yang.html
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © · Invisible Ghosts ~ Template by Admin