Mengubah Tampilan Oscommerce

Dalam artikel sebelumnya sudah saya sampaikan dengan cukup detail bagaimana menginstall oscommerce. Semoga Anda kini sudah memiliki toko online yang siap menjual produk-produk Anda. Tetapi saya yakin Anda tidak cukup puas dengan default tampilan toko online oscommerce yang Anda dapatkan saat pertama kali membukanya. Kita perlu mengadakan perubahan layout agar tampilan toko online kita menjadi lebih menarik dan berikut adalah bebarpa tips yang bisa kita lakukan.

Oscommerce adalah program yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. Untuk mengubah tampilan toko online kita, tentu saja kita harus melakukan editing terhadap script-script oscommerce yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP tersebut. Jangan khawatir jika Anda buta sama sekali terhadap PHP programming. Saya pun pada awalnya sama seperti Anda, sama sekali tidak memiliki background pemrograman web. Hanya berbekal keinginan untuk belajar internet dan satu buku sederhana “Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL” saya mulai belajar dan berusaha memperbaiki tampilan toko online saya : www.tokolia.com yang menjual produk minuman sehat.
Bantuan yang tidak kecil tentu saja dari hasil pencarian (search result) di Google tentang situs-situs yang berisi tentang tips & solusi pemrograman PHP. Setiap kali menghadapi masalah dalam melakukan “perubahan wajah” oscommerce saya selalu berusaha mencari jawabnya di Google, dan sejauh ini saya mendapatkan manfaat yang luar biasa dari search engine paling populer tersebut. Untuk mendapatkan solusi PHP yang manjur, tentu saja kita harus memberikan kata kunci yang tepat saat melakukan seraching di Google.
Untuk melakukan editing oscommerce diperlukan sebuah text editor. Saya sarankan Anda untuk memakai Netpadd yang bisa didapatkan secara gratis dari www.netpadd.com. Beberapa bulan memakai netpadd, saya merasakan program ini sangat simple, mudah dan nyaman dipergunakan untuk mengedit script PHP.
Anda mungkin juga memerlukan program uploader untuk memindahkan file dari hard-disk komputer ke web hosting server. File uploader yang cukup populer adalah Filezilla yang bisa didownload secara gratis dari www.filezilla-project.org. Tutorial penggunaan filezilla banyak terdapat di internet yang bisa di-search di Google dengan kata kunci : filezilla tutorial. Silakan Anda pilih yang paling mudah dipahami.
Sebelum melakukan editing / perubahan tampilan, kita perlu mengenal bagian-bagian halaman toko online oscommerce. Setiap halaman tampilan toko oscommerce terdiri atas 5 bagian =
-  Header, yang terletak pada bagian paling atas, biasanya berisi gambar banner / logo toko online bersangkutan.
-  Left column (kolom kiri) terletak di bagian tengah (di bawah header) sisi kiri.
-  Right column (kolom kanan) terletak di bagian tengah sisi kanan.
-  Main area (area utama) terletak di bagian tengah di antara kolom kiri dan kolom kanan.
-  Footer, yang terletak pada bagian paling bawah setiap halaman toko online oscommerce.
Jika Anda menginstall oscommerce melalui fasilitas Fantastico, maka Anda perlu mendownload program oscommerce dari www. oscommerce.com untuk mendapatkan script files PHP yang akan kita edit. Di dalamnya kita akan mendapatkan banyak file PHP yang disimpan dalam beberapa folder. Yang pertama adalah folder “catalog” yang di dalamnya berisi file-file yang mengatur tampilan main area (area utama) toko online oscommerce, misalkan index.php, create_account.php dan checkout_process.php.
Di dalam folder “catalog” juga terdapat beberapa sub-folder, yang utama adalah : admin, images, install dan includes. Admin berisi file-file php yang berfungsi untuk mengelola administrasi toko online kita, seperti memasukkan produk yang akan dijual, memonitor order yang masuk, memonitor stock barang dan pengiriman order. Images berisi file-file gambar yang ada di toko online. Install berisi file-file yang diperlukan pada saat menginstall toko online oscommerce. Includes berisi file php yang berfungsi mengatur tampilan header, kolom kiri, kolom kanan dan footer.
Di dalam sub folder includes kita juga menjumpai beberapa sub-sub folder, seperti : boxes, classes, function, modules dan languages. Boxes berisi file-file php yang mengatur tampilan menu di kolom kiri dan kolom kanan.
Sub-sub folder function berisi file-file yang diperlukan untuk menjalankan beberapa fungsi tertentu dalam toko online kita. Sementara sub-sub folder modules berisi file-file yang berfungsi untuk memberikan pilihan kepada pembeli tentang cara pembayaran dan cara pengiriman barang yang telah dibelinya. Sedangkan sub folder languages menyimpan file-file yang harus kita edit jika kita ingin mengubah kata-kata yang ada di tampilan toko online oscommerce. Kita juga harus mengedit / menambahkan file-file yang ada di dalamnya jika ingin menambahkan pilihan bahasa dalam toko kita. Default pilihan bahasa yang ada adalah English, German dan Espanol.
Demikian pendahuluan tentang tips mengubah tampilan toko online oscommerce, Insya Allah detail teknisnya menyusul dalam waktu dekat. Salam.

Url : http://ghost-share.blogspot.com/2011/04/mengubah-tampilan-oscommerce.html
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © · Invisible Ghosts ~ Template by Admin