Bahasa Korea

Bahasa Korea sangat sulit tetapi  menyenangkan 한국어는 너무 어려우지만 재미 있어요 ==> hangugoeneun noemu oeryoeujiman jaemi issoeyo ), ungkapan seperti ini selalu melekat erat di setiap kita belajar bahasa korea. Saya sendiri  mengakui bahwa  bahasa korea tidaklah mudah, bahkan termasuk kategori sulit. Sangat berbeda dengan belajar bahasa asing lain yang pernah saya pelajari sebelumnya, pada umumnya kunci terletak pada kosa kata bahasa. Dengan kata lain bila kita menguasai masing masing kosa kata yang ada, bisa di katakan menguasai 80% dari bahasa tersebut. Berbeda dengan belajar bahasa korea, untuk belajar bahasa korea kita harus hafal dan mengerti huruf abjad korea ( 한글 ==> hangeul ), cara mebacanya,cara menulisnya, kata dasar kosa kata, bahkan tata bahasa korea itu sendiri. Di dalam pengucapan bahasa korea, kata dasar tidak bisa berdiri sendiri. Kata dasar  harus selalu di ikuti dengan tata bahasa korea supaya memiliki arti, baik kata dasar kata benda,  kata kerja, atau bahkan kata keterangan. Sebagai contoh kata ” belajar ” , di dalam kamus bahasa korea akan di temukan kata dasar ” 공부 하다 ( gongbu hada ) “  namun dalam pengucapannya bukanlah ” 공부 하다 (gongbu hada ) ” melainkan ” 공부 해요 ( gongbu haeyo ) untuk kalimat informal dan ” 공부 합니다 ( gongbu hamnida )” untuk kalimat formal.
Sebenarnya seberapa besar tingkat kesulitan bahasa korea? . Saya pribadi mengatakan ” istimewa “. Dari lamanyabelajar bahasa korea, sampai sekarang status saya masih ” belajar ” dan bukanlah “mengajar”. Rasa rasanya semakin dikejar semakin jauh, semakin banyak mempelajarinya justru semakin terasa bodoh. Di sini saya berusaha menulis dan jelaskan mengenai belajar bahasa korea, terutama pada tata bahasanya ( grammar ) guna menambah semangat belajar saya pribadi tentunya dan berharap bisa bermanfaat bagi pembaca.
Manfaat mempelajari bahasa korea juga bervariasi. Kita tentu sudah mengetahuinya bahwa negara korea merupakan negara  kedua setelah  jepang yang di jadikan sasaran sebagai tempat mencari pekerjaan oleh kebanyakan tenaga kerja indonesia ( TKI ). Sedangkan salah satu syarat  lolos bekerja ke korea adalah lulus tes tertulis yang di adakan depnaker korea. Pada sektor perekonomian, kita juga mengerti hubungan antara Indonesia dengan korea sangatlah erat, hal ini bisa di lihat pada tahun 1990. Mulai saat itu Indonesia merupakan negara importir dari Korea yang terbesar dengan menempati urutan yang ke-4 di dunia. Dan saat ini juga, peran korea sangat besar bagi Indonesia sebagai Investor di berbagai perusahaan dan proyek besar di Indonesia.
Fungsi bahasa itu sendiri sebagai alat komunikasi  dalam pergaulan sehari hari kita. Dengan menguasai bahasa asing, dalam hal ini adalah bahasa korea, akan mengurangi rasa kekhawatiran kita bila sewaktu waktu mendapatkan tugas perusahaan ke korea, atau berpariwisata ke korea. Paling tidak kita sudah mempunyai senjata ampuh untuk mengerti karakter dan budaya mereka. Atau sebaliknya, sebagai penterjemah touris asing yang singgah wisata ke Indonesia. ” By language we are master the world “

Url : http://ghost-share.blogspot.com/2011/05/bahasa-korea.html
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © · Invisible Ghosts ~ Template by Admin