Tips Kesehatan Terbaru Untuk Mata


Tips Kesehatan Terbaru
Sehatkan mata anda dengan 6 Tips Kesehatan Terbaru Untuk Mata.

Tips menjaga kesehatan mata ini cocok bagi anda yang bekerja di depan komputer seperti saya karena dengan mata yang sehat maka konsentrasipun lebih meningkat.

Kecuali Anda memang bekerja di lapangan, lazim bagi karyawan untuk berada di depan komputer dari pagi sampai waktunya jam pulang. Seharian berhadapan dengan layar komputer tak jarang menyebabkan kondisi mata terasa lelah. Mata terasa tak nyaman, iritasi, nyeri, mengantuk sehingga tampak merah, dan berair. Penglihatan terasa buram dan sering melihat ganda, bahkan kemampuan melihat dan membedakan warna jadi menurun. Gejala mata lelah ini biasa disebut Astenopia.

Bila dibiarkan berkelanjutan, gejala ini akan diikuti sakit kepala, bahu, punggung dan pinggang, vertigo serta kembung. Gangguan kesehatan seperti ini sungguh akan mengganggu produktifitas kerja. Berikut adalah tips untuk menjaga agarkesehatan mata Anda tetap terjaga.
Tips Kesehatan Mata

1. Istirahatkan mata Anda.
Alihkan pandangan dari monitor komputer setiap 15 menit sekali dengan memandang ke luar jendela atau ke sudut ruangan atau objek yang jauh selama lebih kurang 10 menit. Jika perlu, pasang reminder untuk mengingatkan Anda agar berkedip karena mata yang terlalu fokus ke monitor komputer, cenderung lupa untuk berkedip. Cara mudah lain adalah dengan memejamkan mata Anda selama 20 detik.

2. Perhatikan posisi duduk Anda dan posisi mata terhadap monitor computer.
Letakkan monitor komputer Anda sejajar atau lebih rendah dengan level mata Anda. Posisi monitor yang lebih rendah dari level mata akan meningkatkan produksi air mata dan menenangkan mata yang lelah. Penelitian juga menunjukkan bahwa letak monitor yang rendah akan mengurangi kelelahan di otot leher, meningkatkan attention span dan secara keseluruhan memberikan rasa nyaman bagi pengguna komputer.

3. Perhatikan penerangan di ruangan kerja Anda.
Hindari bekerja di ruangan yang mempunyai penerangan kurang dari 200 lux. Penerangan berlebihan juga tidak bagus untuk mata. Sumber cahaya sebaiknya datang dari sisi monitor dengan cahaya yang lembut. Kurangi juga tingkat brightness dari monitor Anda. Hal ini akan membuat mata terasa lebih nyaman.

4. Take a Break.
Setelah bekerja di depan komputer selama 90 menit sampai 120 menit, Anda perlu istirahat selama 10 - 20 menit. Bangun dari kursi Anda untuk berjalan-jalan dan lakukan relaksasi sederhana untuk melemaskan otot-otot yang tegang.

5. Biasakan untuk memeriksakan kesehatan mata Anda paling tidak setahun sekali.
Dengan demikian masalah penglihatan akan cepat terdeteksi dan dapat segera di ambil tindakan untuk mengatasinya.

6. Penuhi kebutuhan nutrisi mata Anda.
Usahakan untuk selalu makan makanan yang kaya akan carotenoids seperti wortel, melon berwarna kuning, dan peach. Lutein dan zeaxanthin adalah dua zat yang dapat ditemukan di labu, sayuran berwarna hijau yang akan melindungi retina dari kerusakan. Vitamin C yang dapat ditemukan di sayuran berdaun hijau, segala jenis beri dan jeruk, adalah antioksidan yang juga bisa membantu untuk melindungi mata dari serangan katarak. Sedangkan Vitamin E adalah antioksidan yang juga melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin E bisa ditemukan di biji-bijian, minyak sayur dan sayuran hijau.
Artikel Kesehatan Mata
Vitamin B adalah vitamin yang menyokong kerja syaraf, termasuk syaraf penglihatan. Vitamin ini dapat ditemukan di whole grains, sayuran segar dan buah-buhan. Sebagai pilihan, Anda juga bisa mengkomsumsi suplemen yang mengandung vitamin B sesuai dengan kebutuhan Anda. maka dari itu biasakan hidup yang sehat dimulai dengan kesehatan mata anda.

Url : http://ghost-share.blogspot.com/2011/04/tips-kesehatan-terbaru-untuk-mata.html
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © · Invisible Ghosts ~ Template by Admin